Laptop Cepat Panas, Mengatasi Laptop Cepat Panas, Masalah Laptop Cepat Panas

Inilah 4 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dengan Mudah

Era digital seperti sekarang sudah bukan hal baru jika suatu pekerjaan sering membutuhkan peranan tekonologi di dalamnya. Misalnya laptop. Jika anda merupakan pekerja  yang menggunakan laptop setiap harinya, tentu daya tahan laptop atau awet tidaknya akan sangat dijaga. Namun, permasalahan yang kerap kali terjadi adalah kondisi laptop anda mudah panas. Tidak perlu khawatir, berikut ini merupakan ulasan mengenai cara mengatasi laptop cepat panas.

Laptop Cepat Panas, Mengatasi Laptop Cepat Panas, Masalah Laptop Cepat Panas

1. Gunakan Cooling Pad

Bukan hanya ruangan yang kita tempati yang membutuhkan pendingin. Tetapi, laptop juga membutuhkannya. Cooling pad atau Cool Pad dapat membantu anda dalam menurunkan suhu panas pada laptop. Penggunaan benda ini dirasa sangat efisien dan mudah. Dengan benda ini anda bisa mengurangi panas pada laptop sebesar 1 sampai 5 derajat. Bahkan, tipe yang lebih canggih ini juga akan punya kemampuan yang lebih untuk mengurangi panas.

Namun, ada baiknya anda juga tidak menggunakan cool pad secara berlebih. Sebab, cool pad punya kemungkinan untuk membawa debu dan kotoran bisa masuk di perangkat laptop anda. Jadi, ketika anda memutuskan untuk menggunakan cool pad, anda bisa memilih spesifikasi yang benar – benar memadai. Teliti keunggulan dan kelemahan dari tiap Cool Pad.

2. Bersihkan Kipas pada Laptop

Selanjutnya untuk cara mengatasi laptop cepat panas adalah dengan anda membersihkan komponen yang ada pada laptop. Perlu diketahui bahwa ada beberapa sumber yang membuat laptop jadi lebih panas adalah prosessor, baterai, adaptor, kipas dan VGA. Untuk kipas, biasanya yang terjadi adalah kipas di laptop dalam kondisi kotor dan terkena debu yang tebal. Ini bisa mengakibatkan kipas tidak berfungsi dengan baik.

Anda bisa membersihkannya menggunakan pelumas dengan waktu 3 sampai 4 minggu sekali. Buka bagian middle cover laptop, angkat covernya dan buka skrup serta penutupnya. Anda bisa membersihkan kipas dengan kain halus atau cutton bud. Lakukan cara ini secara perlahan dan hati – hati kemudian kembalikan seperti semula.

3. Mengganti Thermal Paste CPU

Cara yang berikut adalah anda bisa mengganti komponen yang menunjukkan gejala mengalami kerusakan. Biasanya salah satunya adalah thermal paste cpu. Ini merupakan komponen laptop yang berfungsi sebagai penghantar suhu panas pada CPU dan prosessor. Jika laptop anda tiba – tiba blank secara berulang ketika beban tinggi, kemungkinan besar dikarenakan ada masalah pada system pendingin laptop.

Semakin lama anda menggunakan laptop, thermal paste CPU bisa mengalami dried out atau mengering. Efeknya tentu pada chip yang menajdi panas. Cara mengatasinya, anda bisa mengganti komponen ini. Akan lebih baik jika anda mengecek bagaimana kondisi komponen pada laptop sesering mungkin.

Baca Juga Inilah 3 Software Player Musik dan Video Terbaik untuk PC

4. Menggunakan Settingan Laptop

Yang terakhir, cara mengatasi laptop cepat panas adalah melakukan ubahan pengaturan atau setting pada laptop anda. Selain secara fisik dengan membersihkan laptop atau menggunakan cool pad, anda bisa melakukan setting ulang pada system untuk membantu menurunkan suhu panas pada laptop. Atur LCD dengan pencahayaan yang minim.

Lihat juga pengaturan pada BIOS. Atau cara lainnya anda bisa juga mendownload software yang digunakan untuk setting power anda pada laptop. Program ini misalnya Speedfan yang berfungsi mengontrol suhu pada prosessor dan komponen lain di laptop anda.

Memang, suhu panas yang terjadi pada laptop seringkali diabaikan oleh pengguna. Sayangnya, dari awal dan seringnya overheat (kondisi terlalu panas) ini akan membuat laptop anda rusak secara perlahan. Jika tidak ingin hal itu terjadi, anda bisa mempelajari cara merawat laptop dengan benar dimulai dari mengatasi suhu panas pada laptop. Semoga ulasan ini bermanfaat untuk anda.

Iklan
Standar

One thought on “Inilah 4 Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas dengan Mudah

  1. Ping-balik: 5 Tips Mempercepat Charge Baterai Supaya Tidak Menunggu Terlalu Lama | rakuttendi.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s