5 Cara Mengatasi Smartphone Lemot Paling Efektif

Cara Mengatasi Smartphone Lemot – Memiliki smartphone canggih tentu diharapkan dapat menunjang kebutuhan sehari-hari mulai dari pekerjaan, obrolan, permainan, atau lainnya. Namun, saat digunakan tiba-tiba smartphone menjadi lemot dan lambat dalam merespon kerjanya.

Selain marah, kesal, rasa jengkel pun pasti ada dalam benak kamu. Smartphone mahal dengan merek tertentu memang tak selamanya menjamin respon kerja yang cepat. Ada kalanya smartphone mengalami kelemotan yang berlebih. Namun jangan kuatir, ini ada 5 cara mengatasi smartphone lemot paling efektif dan mudah dilakukan.

Android Lemot

Cara Mengatasi Smartphone Lemot

1. Bersihkan Semua Aktivasi Smartphone

Setiap hal yang dilakukan atau dibuka pada ponsel smartphone akan menyimpan didalam memori untuk sementara waktu. Penyimpanan secara berlebih pada Resent File memang kerap kali membuat kerja ponsel menjadi lambat dan lemot ketika digunakan.

Tak banyak yang tahu jika semakin banyak Resent File yang tersimpan didalam ponsel, maka kinerja ponsel pun akan lebih lemot. Untuk mengatasinya maka kamu bisa membersihkan semua aktivasi terakhir secara manual ataupun dengan menggunakan aplikasi pembersih yang ada di Google Play.

2. Update OS

Melakukan update sistem operasi smartphone memang perlu dilakukan. Saat sistem memberikan pembaruan untuk dilakukannya update ulang maka sebaiknya kamu melakukan update agar ponsel yang kamu miliki tidak lemot lagi.

Biasanya pengupdatean dilakukan untuk memperbarui sistem operasi yang sudah tidak mendukung. Jika dibiarkan tentu akan ada sistem yang kres sehingga membuat smartphone yang kamu miliki menjadi lebih lambat dari biasanya.

3. Menonaktifkan Auto Syns

Auto Syns adalah sebuah fitur yang ada di smartphone pintar dan biasanya fitur ini hanya ada di smartphone pintar saja. Fungsi dari fitur tak lain adalah untuk memberikan informasi tentang data-data terbaru, pemberitahuan akun seperti email, facebook, instagram, whatsApp dan akun lainnya.

Jika dilihat fitur ini begitu berguna untuk mempermudah kamu mengetahui pemberitahuan atau informasi secara lebih detail dan lebih cepat. Sayangnya jika terlalu banyak akun yang memberitahukan pembaruan atau informasinya maka hal ini dapat membuat sistem operasi ponsel menjadi lemot.

Untuk cara mengatasi smartphone lemot akibat pemberitahuan Syns, maka kamu bisa menonaktifkan pemberitahuan disejumlah akun atau media sosial tertentu. Pilih yang menurut kamu tidak banyak digunakan.

4. Menonaktifkan Auto Brightness dan Auto Rotate

Menggunakan ponsel dalam keadaan layar yang terang memang dapat membuat nyaman bagi si pengguna. Namun selain boros daya batrainya, ternyata kinerja layar pencerah yang terus aktif dapat mempengaruhi kecepatan ponsel.

Selain Auto Brightness, fitur Auto Rotate yang berfungsi untuk mengatur layar sesuai dengan posisi ponsel, ternyata juga mempengaruhi sistem OS smartphone menjadi lebih banyak bekerja. Jika smartphone dalam keadaan lemot maka kamu bisa menonaktifkan kedua fitur bawaan handphone ini.

5. Atur Ke Pengaturan Pabrik

Cara mengatasi smartphone lemot terakhir ini dapat menjadi pilihan untuk mempercepat kinerja ponsel. Kamu bisa lakukan menyetel kembali ke sistem pabrik. Namun jika menggunakan cara yang terakhir ini pastikan jika semua data penting yang ada didalam ponsel sudah kamu backup dengan baik.

Saat memulihkan ponsel ke pengaturan awal tentu semua data akan hilang, hal ini dapat meringankan kinerja ponsel menjadi lebih enteng dibanding sebelumnya. Cara mengatasi smartphone lemot yang satu ini dapat menjadi cara paling cepat kamu lakukan.

Baca Juga Inilah 5 Penyebab Smartphone Cepat Panas dan Cara Mengatasinya dengan Mudah

Itulah 5 cara mengatasi smartphone lemot secara mudah dan cepat. Jika smartphone yang kamu miliki terjadi kelambatan atau lemot saat digunakan. Maka cara diatas dapat kamu lakukan untuk mengatasi smartphone yang lemot dengan baik.

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s