Inilah 7 Tips Agar Baterai Smartphone Tetap Awet dan Tahan Lama

Sebagai salah satu elemen yang penting dalam ponsel, baterai justru sering diabaikan oleh sang pemilik. Padahal kegunaan baterai cukup krusial untuk memberi daya ponsel sehingga anda dapat mengoperasikan sebuah smartphone. Artikel kali ini akan membahas tentang tips agar baterai awet.

Hingga saat ini tidak ada satupun ponsel yang tidak membutuhkan shareger, jika ponsel telah memberikan peringatan low batterai maka pemiliknya pasti akan merasa panik. Yang membuat semakin jengkel adalaha apabila kualitas baterai ponsel yang semakin lama semakin menurun.

Ada berbagai tips untuk menghemat baterai dan caranya cukup sederhana dan mungkin anda kurang menyadari bahwa cara ini dapat menghemat pemakaian baterai. Berikut adalah tips agar baterai awet.

Tips Baterai Awet, Tips Baterai Smartphone Awet

1. Matikan ponsel saat mengisi daya

Budaya mencolokkan charger sambil menggunakannya adalah kesalahan dan sudah sering terlihat dimana-mana. Kebanyakan dari kita tidak ingin ketinggalan update terbaru dari teman, bahkan kebanyakan orang ingin ponselnya terisi full setiap saat bahkan saat mencapai 100% masih saya mencolokkan ke charger. Hindarilah hal ini, karena ini akan merusak daya tahan baterai anda.

2. Mengisi daya baterai ketika masih 40%

Tidak disarankan sekali jika memakai ponsel sampai baterainya habis. Meskipun tidak ada di buku manual, namun sebaiknya lakukan pengisian baterai saat status daya masih 40%. Daya ini akan membuat kinerja ponsel berjalan dengan optimal.

3. Jangan biarkan ponsel terlalu panas

Suhu ponsel yang semakin naik akan semakin memakan daya baterai, jadi hal ini pula yang membuat daya baterai cepat habis. Jika anda memakai case berbahan silikon, maka lepaskan casing terlebih dahulu ketika sedang mengisi daya. Casing silikon semakin membuat panas dan tentu hal ini akan membuat baterai ponsel cepat rusak.

4. Matikanlah ponsel bila perlu

Ketika ponsel tidak diperlukan, maka matikanlah. Misalnya saja ketika anda sedang sibuk bekerja, hal ini akan membuat baterai awet karena tidak termakan oleh signal searching. Teknik yang sangat sederhana namun para pengguna ponsel seringkali lupa melakukannya.

5. Simpan baterai di tempat sejuk

Bila anda mempunyai baterai cadangan, simpanlah di tempat yang sejuk dan pastikan dalam baterai tersebut ada daya yang paling tidak 40%. Baterai yang tidak digunakan sementara waktu bisa saja cepat drop apabila tidak anda lakukan perawatan.

6. Tidak menerima telepon saat baterai diisi

Jangan menerima telepon ketika anda sedang mengisi daya pada ponsel. Ada beberapa insiden ponsel meledak karena diakibatkan ketika ponsel sedang mengisi daya, namun digunakan untuk menerima telepon. Batera akan cepat panas dan bukan tidak mungkin ponsel dapat meledak.

7. Non-aktifkan aplikasi ponsel

Ketika sedang tidur, kita sering meninggalkan ponsel dengan keadaan menyala, padahal meskipun tidak digunakan ponsel, akan menyedot baterai karena notifikasi sosmed dan yang lainnya. Jadi matikanlah data ponsel agar tidak menyedot terlalu banyak baterai.

8. Atur kecerahan layar ponsel

Kecerahan pada layar juga mempengaruhi awet tidaknya baterai pada ponsel. Atur kecerahan layar ponsel agar tidak terlalu terang, selain tidak akan nyaman di mata juga akan memakan daya baterai yang signifikan.

Demikianlah ulasan singkat agar baterai ponsel anda lebih awet. Semoga informasi dari artikel ini dapat membantu anda. Tips yang ada diatas tidak jauh berbeda dengan cara mewarat ponsel agar tidak menjadi lemot Selamat mencoba

Iklan
Standar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s